-PERIKSA DAN PERBAIKI HAL-HAL BERIKUT:
1.periksa ukuran ,keausan dan tekan udara dari ban ,tekanan udara ban dingin:
depan :1,6kg/cm
belakang:4,25kg/cm(kusus pick up)
2periksa keolengan roda
keolengan lateral:1,2mm (0,047in)
3periksa kekendoran supensi depan
4periksa kekendoran bantalan(gadukan) roda depan
5periksa kekendoran link kemudi
6periksa kerja peredamkejud depandg menggunakan tester standar(standard bounce test)
-UKURAN JARAK CASIS KETANAH(ground clearance)
-PASANG PERALATAN ALIGMENT RODA DEPAN
-SETEL CAMBER, INKLINASI AKSIS KEMUDI DAN CASTER
-PERIKSA TOE-IN
-MENYETEL TOE-IN
-SETEL SUDUT RODA
-PERIKSA SIDE SLIP DG SIDE SLIP TESTER
limit side slip:
kurang dari 3,0 mm/m (0,118in/3,3ft)
1. Toe in atau Toe out
Roda depan mobil baik yang kiri maupun yang kanan sebenarnya tidak sejajar, tapi ada selisih jarak antara bagian depan dengan bagian belakang. ( silahkan Anda lihat gambar dibawah)
Arah panah depan menunjukkan arah laju kendaraan ke arah depan , jadi gambar diambil dari pandangan atas mobil. Jika nilai A lebih besar dari nilai B disebut dengantoe in . Sementara jika nilai B lebih besar dari nilai A disebut dengan toe out. Selisih jarak bagian depan ( A ) dengan bagian belakang (B) berkisar 2 - 5 mm.
2. Chamber
Roda depan mobil jika dilihat dari bagian depan maka akan nampak bahwa roda sebenarnya tidak tegak menapak pada jalan. Roda depan mobil dibuat miring keluar pada bagian atas roda depannya , dan hal ini dikenal dengan istilah chamber positif. Untuk roda depan mobil yang dibuat miring keluar pada bagian bawah roda depannya dinamakan chamber negatif. Adapun tujuan dari chamber pada roda depan adalah untuk menghindari ban slip ke arah luar dan memperkecil momen bengkok pada spindle.
3. Caster
Sebelumnya saya akan jelaskan dulu apa itu caster , saya jelaskan dulu arti king pin.Kingpin adalah sumbu putar utama dari sistem kemudi. Sumbu putar utama kemudi pada mobil terletak pada hubungan antara tie rod end dengan knuckle arm. Sementara sumbu putar utama kemudi pada sepeda motor terletak pada garis tengah dari garpu roda depan. Jika bagian atas dari kingpin miring ke belakang , maka sudut antara kemiringan kingpin dengan sumbu tegak lurus roda terhadap jalan disebut dengancaster. Untuk lebih mudah dimengerti, anda bisa lihat gambar di bawah ini !
2. Chamber
Roda depan mobil jika dilihat dari bagian depan maka akan nampak bahwa roda sebenarnya tidak tegak menapak pada jalan. Roda depan mobil dibuat miring keluar pada bagian atas roda depannya , dan hal ini dikenal dengan istilah chamber positif. Untuk roda depan mobil yang dibuat miring keluar pada bagian bawah roda depannya dinamakan chamber negatif. Adapun tujuan dari chamber pada roda depan adalah untuk menghindari ban slip ke arah luar dan memperkecil momen bengkok pada spindle.
3. Caster
Sebelumnya saya akan jelaskan dulu apa itu caster , saya jelaskan dulu arti king pin.Kingpin adalah sumbu putar utama dari sistem kemudi. Sumbu putar utama kemudi pada mobil terletak pada hubungan antara tie rod end dengan knuckle arm. Sementara sumbu putar utama kemudi pada sepeda motor terletak pada garis tengah dari garpu roda depan. Jika bagian atas dari kingpin miring ke belakang , maka sudut antara kemiringan kingpin dengan sumbu tegak lurus roda terhadap jalan disebut dengancaster. Untuk lebih mudah dimengerti, anda bisa lihat gambar di bawah ini !
Fungsi dari caster adalah untuk membuat roda kemudi dapat berbalik lurus kembali setelah berbelok , sehingga tanpa memegang roda kemudi maka mobil akan tetap dapat melaju dengan lurus. Caster ada dua macam yaitu caster positif dan caster negatif. Caster positiif adalah posisi kingpin dari kendaraan ( mobil ) miring ke belakang Caster positif adalah posisi kingpin kendaraan yang miring ke depan.
No comments:
Post a Comment