Tuesday, December 3, 2013

PENGERTIAN STATER MOBIL

stater carry terdiri atas 2 macam:
   1-gigik bendik8
   2-gigik bendik9
gambar stater
Bagian starter yang penting antara lain :
1. Switch Starter (solenoid switch)
3. Bendix starter 5. Arang Starter (Carbon Brush)
Apa yang harus anda lakukan ?
yang harus anda lakukan adalah mempelajari
gejala2 yang timbul saat starter tidak mau bekerja, dari gejala2 tersebut dapat
di tebak kemungkinan sumber kerusakan.
Gejala2 gejala yang sering muncul pada saat
kita start antara lain :

  1. Lampu indikator battery dan Oli pada dashboard
    tidak menyala sama sekali. 75% fusiblelink (kabel lemas kecil dengan soket
    putih dekat dengan terminal aki +) kotor atau putus. kemungkinan lain adalah
    kepala aki kotor dan atau aki anda terkuras total setrumnya (jarang sekali).
  2. Lampu indikator battery dan oli pada
    dashboard (warna merah) nyala namun meredup ketika di starter, 90% aki anda rusak atau
    kurang setrum.
  3. Tedengar suara “gemeretek
    berulang ulang 75% aki anda rusak atau kurang setrum. 20% kepala aki kotor
    atau kabel ground anda sudah korosi.
  4. Terdengar suara mesin berputar tetapi
    lemah seperti “ngeek..ngek…ngek….”. 75% bushing starter aus
    sehingga anker starter sudah tidak dapat berputar pada sumbunya maka
    perputarannya menjadi sangat berat. 10% ada kemungkinan mesin anda
    terlalu berat untuk diputar, misalnya terjadi kerusakan pada crank saft,
    sistem timing dll.
  5. Terdengar suara “cek..” satu
    kali saja setiap kali memutar kunci kontak…50% switch starter atau yang
    disebut solenoid switch
    (pada
    gambar no.6)
     sudah tidak berfungsi dengan baik. 40% kunci kontak
    anda kotor atau sudah aus. untuk mobil yang menggunakan relay starter 40%
    itu ada pada kerusakan relay.
  6. Starter terkadang dimulai dengan suara
    berat lalu enteng dan mesin hidup. Biasanya hal ini terjadi karena kesalahan
    penyetelan Fur dan Na..delco.
  7. Pagi hari tidak dapat starter, pada
    siang hari starter lancar. 80% aki sudah soak tidak dapat menyimpan setrum
    untuk waktu yang lama.
  8. Saat pagi mudah starter, jika sudah
    dipakai agak lama (panas) susah starter. 80% switch starter / solenoid switch
    (pada gambar no.6)
    anda rusak.
  9. Saat distarter tidak ada reaksi sama
    sekali, tidak ada bunyi. 50% gulungan starter anda Hangus atau terbakar /korslet.
    45% Relay starter atau kunci kontak anda bermasalah.
  10. Saat distarter terdengar suara dinamo
    starter mutar mendesing kencang “ssing…” 80% bendix starter
    (no 25 pada gambar)
    anda
    Dull/dol.
  11. Terkadang bisa starter terkadang tidak,
    baik dalam keadaan panas maupun dingin, pagi atau malam. 75% Carbon Brush
    starter anda sudah pendek.
Setelah mempelajari gejala2 yang timbul,
agar lebih detail mengetahui penyakit mobil anda, yang harus dilakukan adalah :
  1. Lakukan pengecekan Voltase battery
    anda, Battery yang bagus biasanya voltasenya tidak dibawah 12.4V, jika
    dibawah itu mungkin bisa saja starter namun tidak untuk starter panjang dan
    berulang ulang.
  2. Jika analisa dari gejala gejala yang
    timbul diatas menjadikan starter sebagai tersangka utama maka lakukan
    pengetesan starter secara langsung. Dengan cara menggabungkan sumber setrum
    pada switch starter
    (pada gambar
    no.8) 
    biasanya baut 12 dengan
    kabel tembaga yang besar dengan terminal kunci kontak

    (no. 9 pada gambar) 
    yang terletak
    di switch starter juga (disamping kiri yang terdapat satu kabel terpasang
    padanya. Cabut kabel tersebut maka akan terlihat sebuah terminal kecil). 
    no 8 dan no 9 deng
    SEBELUM
    MELAKUKAN HAL INI PASTIKAN POSISI GIGI TRANSMISI PADA POSISI NETRAL 
    Gabungkan
    an kabel atau obeng logam. Pada kondisi normal maka
    starter akan memutar mesin. Jika iya berarti kunci kontak anda atau relay
    anda bermasalah. Jika tidak coba lakukan pengetesan no 3.
  3. Jika cara diatas belum dapat
    mempersempit permasalahan lakukan penggabungan terminal no 8 pada gambar
    dengan terminal no 7 pada gambar yaitu berupa dua terminal baut 12 yang
    terdapat pada switch starter. Pada kondisi normal seharusnya Starter akan
    memutar dengan kencang tanpa memutar mesin. (karena gigi bendix tidak
    didorong oleh switch starter jadi tidak memutar flw wheel). jika tidak maka
    permasalahan kemungkinan besar terdapat pada dinamo starter anda, bisa
    karena gulungan yang terbakar atau brush starter yang habis. bisa pula
    karena kabel penyampai strum anda dari aki ke starter (ke terminal no 8 pada
    gambar ) tidak terhubung secara benar.

No comments:

Post a Comment