Busi merupakan komponen untuk sistem pembakaran pada mesin. busi memiliki peranan vital pembakaran yang ada pada mesin. namun misalkan kinerja busi tidak lah optimal maka akan berpengaruh pada kinerja mesin,
busi sangat penting bagi pembakaran pada mesin. dan mampu memperbaiki tenaga mesin hingga 20 % dan efeknya, dapat meningkatkan akselerasi motor dan membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih irit.
kinerja mesin dapat di lihat dari percikan api yang di hasilkan oleh busi. percikan yang bagus berwarna biru, itu pertanda loncatan apinya kuat. namun tidak boleh berpijar. makin fokus loncatan percikan nya makan akan semakin baik pembakaran campuran gas.
untuk mendapatkan percikan itu tidak lah mudah. busi harus menggunakan material yang sangat bagus menghantarkan listrik. banyak busi yang memakai material campuran emas campuran emas (GSP Busi Mas) atau perak (Autolite) sebagai penghantar listrik. namun kedua bahan tersebut bukanlah penghantar listrik yang bagus dibandingkan iridium. material iridium banyak digunakan untuk balapan atau moto cross.
berikut kelebihan busi iridium dibandingkan busi standart :
1. titik leleh sangatlah tinggi,mencapai 2454 derajat celscius.
2. material iridium memiliki daya hantar listrik dan panas sangatlah bagus dari pada emas dan perak.
3. jika pemakaian pada ruamg suhu yang sesuai, maka pemakaian bisa tahan sampai 30000rb km.
4. untuk percikan bunga api sanagtlah lebih fokus
untuk produk yang banyak digunakan pada arena balap banyak yg digunakan seperti NGK, TDR, Denso dan lain lain. namun produk yang lebih banyak digunakan untuk balap adalah merek Denso. produk buatan denso ini dianggap memiliki center electroda dengan diameter paling bagus dan memiliki fokus dalam menghantarkan listirik yaitu sebesar 0,4 mm yang membuat loncatan percikan api lebih kuat. sementara produk lain rata rata menghantarkan listrik diatas 0,4 mm.
No comments:
Post a Comment